Rabu, 27 Agustus 2008

Membuat Dokumen Prosedur ISO 9001

Pada prinsipnya Perusahaan / Organisasi sesuai persyaratan ISO 9001 : 2000 mutlak harus mempunyai prosedur wajib yaitu prosedur pengendalian dokumen & catatan mutu, Internal Quality Audit, Pengendalian Produk Tidak Sesuai, Tindakan korektif & preventif dan juga prosedur – prosedur pendukung sesuai proses yang ada dalam suatu Perusahaan / Organisasi.
Berikut ini merupakan tehnik / uraian pembuatan dokumen prosedur berupa hal – hal yang perlu diperhatikan:

1. Prosedur dibuat sesuai kebutuhan proses yang ada agar apa yang dikerjakan sesuai apa yang ditulis.
2. Penggunaan kata – kata di dalam sebuah prosedur dibuat semudah mungkin dapat dimengerti oleh semua personil yang ada.
3. Prosedur hendaknya mengandung nomor dokumentasi prosedur, catatan / histori perubahan, tanggal pembuatannya, nomor revisinya beserta bagian yang membuat atau yang mengesahkan sesuai standard tanggung jawab yang telah ditetapkan.

Format Dokumen prosedur:
Pada umumnya format / bentuk dokumen prosedur dibuat sesuai kebutuhan organisasi / Perusahaan dan ditulis ketentuaanya dalam prosedur terpisah, biasanya pada prosedur pengendalian dokumen atau pada prosedur operasional standard. Uraian format prosedur mutu sbb:
1. Terdiri dari cover depan (tidak harus)
2. Header yang berisi logo perusahaan, nama perusahaan, judul / nama prosedur, tanggal terbit / pelaksanaan, nomor revisi, tanggal, halaman, serta nomor dari dokumen prosedur itu sendiri dan untuk header itu sendiri ada di setiap halaman pengesahan, flowchart, isi prosedur dan untuk lampiran jika perlu juga bisa diberikan.
3. Lembar / halaman yang berisi kolom pengesahan + catatan perubahan / revisi.
4. Lembar bagan Flowchart / Bagan proses.
5. Lembar isi Prosedur yang kurang lebih berisi : Bagian Tujuan, Ruang Lingkup, Definisi, Uraian Umum, Uraian Prosedur, Dokumen / Catatan terkait, dsb.
6. Lampiran (Form, gambar & dokumen terkait lainya jika diperlukan)

Berikut ini merupakan contoh gambar dari header dari prosedur mutu:


bila ingin versi dokumen dari postingan ini silahkan download dibawah ini:
download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar