Selasa, 26 Agustus 2008

Pembuatan Dokumen Pedoman Mutu ISO 9001

Dokumen Pedoman Mutu (Quality Manual) pada prinsipnya merupakan sebagai dokumen dasar seperti suatu negara mempunyai undang – undang yang dibuat oleh para wakil rakyat, ex: UUD’45. Demikian suatu Perusahaan yang menerapkan sistem manajemen mutu ISO harus mempunyai ketentuan dasar yaitu Pedoman Mutu. Seperti yang diketahui bahwa suatu Pedoman Mutu memuat kebijakan – kebijakan tentang mutu suatu Perusahaan / Organisasi, banyak suatu Perusahaan yang membuat Pedoman Mutu dengan pola sesuai dokumen standard ISO 9001, yaitu dibagi menjadi 20 elemen kebijakan, namun dapat juga dibuat secara berbeda masih dalam sesuai tuntutan / persyaratan ISO 9000, misal menambah kebijakan – kebijakan lain berupa keselamatan kerja atau kepedulian akan lingkungan.

Berikut ini merupakan langkah – langkah dalam menyusun Pedoman Mutu:
  • Tentukan ruang lingkup sistem manajemen mutu.
  • Buatlah / identifikasi proses – proses yang ada beserta pemahaman terhadap interaksi / hubungan antara proses – proses tersebut (biasanya dibuat dalam bentuk peta proses bisnis dalam bentuk bagan).
  • Buat / identifikasi lagi struktur organisasi yang ada sesuai hasil identifikasi proses.
  • Tulis kebijakan mutu yang akan ditetapkan ke dalam bagian pedoman mutu.
  • Tentukan sasaran mutu yang akan dicapai berikut penjabarannya sesuai proses / bagian yang ada dalam suatu Perusahaan.
  • Pahami persyaratan ISO 9001 seperti persyaratan pelanggan dan kebutuhan perusahaan serta tuliskan kebijakan – kebijakan tersebut berikut tanggung jawab dan keterlibatan pihak – pihak lain dari Perusahaan. Untuk prosedur / dokumen terkait lainnya juga perlu disertakan yang menjabarkan bagaimana kebijakan tersebut dilaksanakan.

NB:
Dalam membuat pedoman mutu juga harus disertakan nomor identifikasi dokumen pedoman mutunya sesuai ketentuan yang ditetapkan dalam prosedur pengendalian dokumen.

Demikian uraian / gambaran singkat mengenai penyusunan Pedoman Mutu ISO 9001 : 2000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar