Minggu, 06 September 2009

Visi, Misi & Kebijakan mutu ISO 9001


Visi, Misi & Kebijakan mutu merupakan sebagai suatu landasan dalam penerapan ISO 9001 pada suatu Perusahaan / Organisasi. Ketiga Hal tersebut pastinya harus dikomunikasikan dari tingkatan paling atas (selaku pembuat Visi, Misi & Kebijakan mutu) sampai ke tingkat paling bawah. Berikut ini penjelasan tentang ketiga hal tersebut, sbb:

VISI
Merupakan tujuan / rencana jangka panjang untuk menghasilkan cita – cita yang diinginkan. Misal : Perusahaan A bergerak di bidang produksi “Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)” mempunyai visi sbb: “Menjadi Produsen AMDK Yang Paling Berkualitas di Indonesia” atau bisa juga “Menjadi Pemimpin pasar dalam produksi AMDK di Indonesia dengan mengutamakan kepuasan pelanggan”

MISI
Merupakan tujuan / rencana jangka pendek untuk mendukung VISI yang ada. Contoh Misi:

>> Membuat inovasi dalam menghasilkan AMDK yang bermutu
>> Memastikan pengawasan yang ketat terhadap produk yang dihasilkan
>> Memastikan tingkat kepuasan pelanggan terpenuhi terhadap produk yang dihasilkan
>> Menciptakan pekerja – pekerja handal sesuai pendidikan & keterampilannya


KEBIJAKAN MUTU
Merupakan tujuan umum mengacu pada visi & misi yang telah ditetapkan Perusahaan / Organisasi. Dengan adanya kebijakan mutu bisa menjadi petunjuk jalan memulai pembuatan Sasaran Mutu, Rencana Manajemen Mutu, Analisa Data dan sebagainya. Kebijakan Mutu ini hendaknya juga ditinjau ulang kesesuaiannya minimal bisa 1 tahun sekali. Contoh Kebijakan Mutu :

Sesuai Visi Misi yang ada, maka PT. A menetapkan Kebijakan Mutu sbb

1. Mengutamakan Produk Yang Bermutu
2. Penjaminan pelayanan untuk kepuasan pelanggan
3. Mengembangkan Sumber daya manusia yang bermutu

NB:
Cara mengkomunikasikan Visi, Misi & Kebijakan mutu yang sudah dibuat bisa dengan cara sebagai bagian dari dokumen pedoman mutu, ditempel di dinding bisa dengan dibingkai atau cetakan di kertas biasa, ditraining untuk semua tingkatan yang ada, dsb.

Demikian ulasan singkat tentang Visi, Misi & Kebijakan Mutu…..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar