Selasa, 17 Juni 2008

Merakit Radio AM / FM with Display, Record & Remote


Banyak KIT Radio AM/FM turner yang beredar di pasaran dengan berbagai bentuk dan keluaran Perusahaan pembuatnya, salah satu yang menarik adalah radio AM/FM Tuner digital. Radio tersebut adalah keluaran Saturn dengan type RF-025D With display & record dan type RF-025D+ with display, record & pake remote. Kisaran harga radio tersebut kurang lebih Rp. 100.000,-an untuk kitnya saja, sedangkan boxnya Rp. 35.000-an. Fitur – Fitur yang terdapat dari radio tersebut adalah:

  • Display radio dengan sistem Seven LED
  • Remote kontrol yang dikendalikan dengan sistem infra-Red
  • Dapat menyimpan stasion gelombang radio sebanyak kurang lebih 50 gelombang
  • Mode stereo / mono, mute, standby & pencarian gelombang otomatis / manual

Untuk perakitannya sangat mudah, bila KIT & Box sudah tersedia, maka kita hanya melengkapi beberapa komponen tambahan seperti travo 500 ma (biasa), kabel AC & kabel antena yang beredar dipasaran.
Untuk power supplly kita tidak merakit lagi karena sudah disertakan pada kit dengan sistem IC Regulator, hanya langsung disambung ke travo dengan kabel biasa. Untuk sound atau speaker bisa pakai speaker aktif yang beredar di pasaran atau speaker komputer dengan sistem 2.1 sudah cukup memadai disesuaikan dengan besar ruangan tempat kita mendengarkan radio.
Perakitan antena bisa dengan kabel antena biasa sepajang kurang lebih 1 meter yang berisi kawat tembaga agak tebal di dalamnya dan tinggal dicolok saja, maka sensitifitas penerimaan langsung diterima. Beberapa petunjuk settingan awal dan setingan lanjut disertakan manualnya oleh produk saturn ini. Demikian uraian membuat radio turner ini, selamat mencoba.


NB :

  • Bila ruangan yang digunakan untuk mendengarkan radio keci, bisa menggunakan speaker aktif aga mini seperti simbada CST-100 atau Tatto dari Sonic gear.
  • Box yang disertakan ke pasaran untuk lubang infra-rednya terletak dibawah, menurut gw aga menjadi kurang sensitif terkadang tidak respon sama sekali, saran: buat lubang baru di sisi depan bagian kanan dengan cara mengebor dan lubangnya disesuaikan dengan media infra-rednya.

21 komentar:

  1. Halo Mas Andiva salam kenal,
    Kebetulan sy sedang mencari Kit Saturn RF-025D, sy pernah lihat di suatu toko di bandung begitu sy tanyakan sudah habis.
    Dmn sy bs membeli kit tersebut?mungkin ada referensi tokonya?
    Sy sudah cari di glodok belum dpt yg saturn, yg sejenis ada tp belum dilengkapi system memory & remote.
    Mohon pencerahannya.

    Tx.
    Toni

    BalasHapus
  2. Mas Toni, klo saya beli di toko SURYA elektronik yg berlokasi di Jl. pengadilan, Pasar Anyar - Bogor, di lokasi tsb ada 2 toko, anda bs jg mncari di toko yg b'dkatan tsb, ok! smoga ktemu! salam

    BalasHapus
  3. lam kenal deh.....ting...ting...ting....=))

    BalasHapus
  4. Lam knal jg bwat radio balap! klo pnya artikel yg mnarik sputer elektronika, silahkan share disni :) thx ya....

    BalasHapus
  5. bro bisa di mana beli radio kit gituan. di kuningan jawa barat belum nemu tuch. bisa ga lewat paket?
    salam kenal - aan ( cowok )

    BalasHapus
  6. lam knal jg AAn :) sperti yg sudah pernah saya katakan jg ke mas Tony, pastinya klo saya beli di toko SURYA elektronik yg berlokasi di Jl. pengadilan, Pasar Anyar - Bogor... klo mo pket sich bisa2 aj, tp mesti diatur lg ntinya, ok! thx yach kunjungannya ke Blogku

    BalasHapus
  7. speaker aktifnya yang mantap donk,saya sarankan gambar rangkaiannya di cantumkan juga ya.

    BalasHapus
  8. Sori bang guye, ntuh-kan kit siap pasang jd dr pabriknya mang ga ad skema rngkaiannya...

    BalasHapus
  9. thanks atas infonya
    www.pelangiradio.blogspot.com

    BalasHapus
  10. Oki thx jg atas kunjungannya! mmh kayenya menarik jg ni radio plangi, coba ah

    BalasHapus
  11. mas...kit yg di atas,klo untuk pemula mudah ga,ya...?makasih...

    BalasHapus
  12. mudah, cuma ditmbah travo n outputnya dismbung ke speaker aktif atau amplifier...

    BalasHapus
  13. om, kalau pasang antena buat radio ini supaya bisa menerima siaran yang bagus tanpa bising(noise) gimana caranya??

    cz kalau diliat dicolokan antenanya kan pake konektor F(V),, nah itu gimana cara buatnya??

    BalasHapus
  14. bisa pake antena mobil atau antena FM eksternal yg byk dipasaran jg bisa n klo bisa plus rangkaian bosster fm tuner.... ok, thx

    BalasHapus
  15. oh begitu.. tapi saya ingin bertanya lagi.. maklum masih awam masalah elektronik :)

    nah cara buatnya gimana om?? apakah yang dipakai hanya bagian inti tengah tembaga atau serabut kabel ground coaxial juga ikut dipasang?

    sebenarnya yang menjadi pertanyaan utama saya, apakah fungsi dari ground antena tersebut?? kalau saya abaikan masalah ground antena dan hanya memakai bagian inti tengah tembaga apakah bisa menerima sinyal radio dengan baik?

    karena waktu kemarin saya coba buat konektor pakai konektor F, waktu bagian serabut saya lilitkan di bagian ground antena, saat saya hidupkan radio tidak ada frekuensi yang tertangkap, namun jika saya hanya memakai tembaga inti saja, frekuensi yang ditangkap sudah lumayan banyak tapi masih ada noise..

    thx om.. mohon pencerahannya..

    BalasHapus
  16. untuk boster minggu depan klo sempat akan saya posting berikut rangkaian & skemanya. pada dasarnya untuk ground antena fm tuner, klo memakai kabel saja atau kawat tembaga saja bs jg tanpa ground, namun untuk antena mobil ato eksternal, groundnya bs digunakan. fungsi dari ground banyak, salah satunya untuk masalah antena fm untuk peredam interverensi dari luar,untuk penjernih suara (sinyal) dan juga untuk menghilangkan dengung...

    BalasHapus
  17. saya punya radio RF 025D sudah jadi siap pakai, bingung dengan antena AM.. itu dibelakang body radio ada jack semacam jack jepit speaker lama 2 lobang. yang sebelah kiri udh dipasangin kabel masuk kedalem body radio,, trus ada kluaran kabel lumayan panjang (15 CM).. yang lobang satunya kosong..

    kalau kabel itu gw biarin(kagak gw sentuh) suara radio hanya mendengung seperti lebah tanpa ada satu siaranpun, tapi begitu tuh kabel gw pegang baru ada suara khas radio AM tapi siaran belum jelas.. gimana cara pasang antena AM nya? kata pemilik toko bilang kalo gw suruh nancepin kawat ke lobang yang kosong, tapi tetep aja kagak ada siaran radionya..

    BalasHapus
  18. untuk suara dengung, biasanya belum ada kutub negatif(-) dari rangkaian yang nempel ke body sebagai ground atau juga rusak di rangkaian power supply. pemasangan antena untuk untuk radio bisa menggunakan antena mobil (sbg antena internal, yang mana untuk antena mobil terdapat 2 kabel, salah satunya bisa disambung ke ground (body).

    BalasHapus
  19. Pak, saya Adjie ... salam kenal. Saya sudah muter2 glodok cari Kit FM tuner saturn RF-025D tapi gak ketemu. Apakah saya bisa dibantu membeli dari Toko Surya yg bapak sebutkan? atau bisa minta no telp toko Surya, kali2 aja bisa kirim2.

    Thanks

    BalasHapus
  20. kit saturn berasal dari surabaya....

    BalasHapus
  21. SATURN ELEKTRONIK SURABAYA= pasar genteng baru lantai 2BB 6A 031-5356141... atau di work shopnya= jalan ngagel wasana v no 1 surabaya jatim 031 5024729....salm kenal dari difabel magelang

    BalasHapus