Kamis, 22 Oktober 2009

Pengukuran Sasaran Mutu ISO 9001




Salah satu penetapan Sasaran Mutu dalam ISO 9001 adalah harus terukur. Artinya target / sasaran yang telah ditetapkan diukur / dihitung untuk menghasilkan suatu nilai yang akan dicapai. Acuan pengukuran sasaran mutu di setiap proses / bagian untuk metode pengukurannya ditetapkan pada suatu "Standard Cara Mengukur Sasaran Mutu". Nah berikut ini cara membuat "Standard Cara Mengukur Sasaran Mutu", langsung pada contoh, sbb:


  • Sasaran Mutu: "Produk NG untuk Packing 4 % / bulan", Penjelasannya : Jumlah produk tidak bagus / tidak sesuai dengan standard atau tidak dapat diproses lanjut dari total jumlah produk yang dihasilkan, cara mengukur : = (Jumlah Produk NG / Jumlah produk 1 bulah) * 100%, Frekwensi : 1 bulan, PIC : Divisi Packing.
  • Sasaran Mutu: "Tidak ada Kesalahan Inspeksi & Pengukuran = 0 ", Penjelasannya: Kesesuaian pengecekan dan pengukuran sesuai dengan standard yang ada, Cara Mengukur : Jumlah hasil Inspeksi & Pengukuran yang lolos dari QC, Frekwensi : 1 bulan, PIC : Divisi QC.

Contoh berupa standar cara mengukur sasaran mutu dalam bentuk tabel, dapat didonlot pada link berikut:
Contoh cara mengukur Sasaran Mutu ISO 9001

Demikian sedikit ulasan tentang pengukur sasaran mutu ISO 9001.

5 komentar:

  1. makasih infonya bro, mogga bisa menjadikan mafaat bagi kita, kalo ada waktu berkunjung ke tempat saya ya berita unik

    BalasHapus
  2. ikut workshop iso 9001 ya mas..?
    mahal e, tapi penting juga sih bagi sarjana teknik...

    BalasHapus
  3. yup! slain workshop, jg bbrpa pelatihan n pastinya plus implementasinya di tempat kerja... thx kunjungannya ya...

    BalasHapus
  4. Mantap materinya boss, semoga bermanfaat, yang butuh Pelatihan ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, kontak kami di www.konsultant-iso.com
    biaya terjangkau, bisa privat kog......

    BalasHapus